Senin, 19 September 2011

sembahwang bulan tradisi warga tionghoa

Warga Tionghoa yang beraliran Tri Dharma (Kong Hu Cu, Tao, dan Buddha) banyak melakukan aneka ritual peribadatan setiap tahunnya. Salah satunya yang rutin dilaksanakan setiap bulan adalah sembahyang bulan. Tradisi peribadatan sembahyang bulan ini sendiri dilaksanakan tiap tanggal 1 dan 15 dalam penanggalan Imlek.
Biasanya, waktu pelaksanaan sembahyang bulan adalah pada saat tengah malam. Namun, karena terbentur waktu, jadwal, atau kesibukan, ada juga warga Tionghoa yang menggelar ritual sembahyang bulan sebelum tengah malam. Kendati demikian, setiap orang Tionghoa yang melaksanakan sembahyang bulan tetap berusaha menghadirkan suasana khusyuk dan tenang.
Tata cara sembahyang bulan juga tak berbeda dengan tata cara sembahyang lainnya dalam tradisi Tionghoa yakni berkunjung ke Klenteng dan menghadap setiap dewa dan dewi. Perlengkapan yang dipersiapkan juga terbilang umum seperti dupa dan sesajen berupa buah-buahan.
Sembahyang bulan terdiri dua macam, sembahyang bulan kosong dan sembahyang bulan purnama. Sembahyang bulan kosong dilaksanakan setiap tanggal 1 dalam penanggalan Imlek. Sedangkan sembahyang bulan purnama dilaksanakan pada tanggal 15.
Baca selengkapnya »

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Dani Quinchy HaluaN 2010

Template By Nano Yulianto